6 Tips Yang Harus Kamu Ketahui Ketika Akan Meng-Upgrade Hardisk

Tips Meng-Upgrade Hard disk
Tips Meng-Upgrade Hard disk

Ketika kita menambah suatu file atau data ke dalam hardisk yang kita miliki maka lama-kalamaan kapasitas penyimpanan anda akan berkurang, nah solusi agar kapasitas hardisk anda masih memiliki jumlah ruang yang banyak maka hal yang harus anda lakukan ialah upgrade HDD/SSD, selain pengupgrade’an HDD dilakukan karena kebutuhan penyimpanan yang melampaui batas juga di karenakan HDD yang sudah lifetime atau karena mnegalami trouble yang mau ngga mau HDD tersebut harus di ganti yang baru karena perfoma yang di berikanya menurun.

Pada HDD yang ada di laptop, jika kita akan melakukan upgrade maka secara otomatis kita akan mengganti versi HDD yang lama dan meletakan HDD yang baru, oleh karena itu agar anda terhindar dari kesalahan karena salah memilih HDD baru atau bahkan malah merugi, maka dalam memilih HDD ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, untuk itu silahkan tips mengupgrade HDD terbaru di bawah ini.

1. Backup Your Data

Hal pertama yang perlu kamu lakukan ialah membackup semua data yang kamu miliki, hal ini jika kamu tidak mau kehilangan semua data yang kamu miliki, karena jika anda tidak melakukanya saat HDD masih di pasang di dalam laptop maka akan susah untuk menyalinya nanti. Selain itu tahap ini juga bisa di sebut sebagai cloning os, jadi intinya kamu ngga perlu untuk melakukan Intslasi os ulang.

2. Kapasitas HDD

Tujuan utama anda melakuka upgrade HDD karena anda ingin mempunyai kapasitas ruang hardisk yang lebih besar, jadi pastika dulu HDD yang akan ada beli nanti memiliki kapasitas yang lebih besar di banding denga HDD yang sebelumnya, karena kalo anda membeli dengan kapasitas yang sama, lebi baik ngga usah upgrade deh.

3. Merk HDD

Kamu harus tahu bahwa HDD yang kamu beli itu harus sama dengan merk HDD yang sudah kamu punya sebelumnya, yang berbeda hanyala kapasitasnya, ini bertujuan agar kinerja HDD menghasilakan perfoma yang sama seperti anda menggunakan HDD bawaan pabrik, selain merk ukuranyapun juga harus sama, karena jika ukuran terlalu besar ataupun terlalu kecil nanti bisa mengambat pemasangan.

4 Teliti Sebelum Membeli

Telitilah HDD yang akan anda beli, apaka hardisk tersebut memang benar-benar masi dalam keaadan baru atau mungkin malahan hasil dari rekondisi, biasanya antara hdd yang masih baru dengan hardisk yang rekondisi, mereka memiliki perbedaan pada bagian fisiknya.

5. Harga HDD

Cek terlebih dahulu arga HDD yang ada di pasaran, karena jika anda hanya membeli HDD di satu toko akan tetapi tidak mengetahui harga hdd di toko lain maka bisa saja anda malah membeli HDD dengan harga yang terlalu tinggi, tapi kalau anda juga mendapatkan penawaran harga dari pihak toko denga harga murah jangan senang dulu, mungkin saja barang tersebut memiliki kecacatan.

6. Garansi HDD

Selain harga garansi juga merupakan hal yang perlu anda ketahui, ada pihak resmi yang bahkan mau memberikan garansi hingga 2 tahun dan ada juga yang sampai 3 tahun, nah untuk ini saya sarankan anda memilih hdd dengan garansi yang paling lama, karena hal ini bisa sangat berguna bagi anda ketika anda mengalami masalah trouble pada hdd yang anda beli tersebut agar bisa segera di atasi.

Nah itulab beberapa tips dari laptopku.net yang bisa anda gunakan untuk membeli hdd baru, smeoga tips ini bermanfaat bagi anda dan bisa membantu anda dalama menentukan pengupgrade’an hdd.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *